Sunday, September 24, 2017

LUCID DREAM

Assalamualaikum wr.wb.
Sebelum kita membahas lucid dream, ane harap kalian harus mengerti terlebih dahulu apa itu Dream “Mimpi”, Yang belum mengerti silahkan disimak.
Apa itu mimpi?
Pakar tidak bisa menyepakati apa mimpi itu, tepatnya. Ada yang mengatakan bahwa mimpi adalah otak yang memecahkan masalah atau memproses emosi dari kehidupan Anda yang terjaga. Ada yang bilang itu hanya kumpulan data memori yang coba dipalsukan otak Anda. Tapi mungkin definisi yang paling sederhana adalah bahwa mimpi adalah cara otak Anda untuk mengetahui bahwa itu ada. Otak Anda memiliki banyak hal yang dapat dilakukan dalam keadaan terjaga, bila Anda memiliki rangsangan eksternal tanpa henti untuk memprosesnya, tapi saat Anda sedang tidur, sangat sedikit rangsangan untuk disaring. Bila tidak ada dunia yang bisa dipahami oleh otak Anda, itu beradaptasi dengan menciptakan dirinya sendiri untuk mempertahankan fungsi normal dan tetap tajam.
LUCID DREAM

Kita mungkin tidak tahu mengapa kita memiliki mimpi, tapi kita tahu kapan kita memilikinya. Bila Anda mendapatkan istirahat malam yang semestinya, Anda mengalami empat tahap utama tidur:
Tahap 1(T1): Juga dikenal sebagai “gerakan mata yang tidak cepat ,” atau “tidur ringan.” Suhu tubuh, denyut jantung, tingkat pernapasan, dan penggunaan energi menurun di seluruh papan. Otot Anda masih aktif dan Anda tetap bisa menghasilkan reaksi terhadap rangsangan lingkungan. Intinya, Anda tertidur.
Tahap 2(T2): Melayang menuju tidur nyenyak. Anda lebih sulit untuk membangunkan, dan kesadaran sadar akan lingkungan Anda akan hilang. Tahap ini menyumbang sekitar setengah dari waktu tidur Anda.
Tahap 3(T3): Tidur nyenyak atau tidur “lamban”. Rangsangan lingkungan tidak lagi memungkinkan untuk menghasilkan reaksi apapun. Berpikir untuk menjadi tahap tidur paling tenang, dan menyumbang sekitar seperempat waktu tidur Anda. Tahap ini mengarah ke tahap keempat dan kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari tahap keempat juga. REM (rapid eye movement): Juga dikenal sebagai “keadaan mimpi.” Otot Anda menjadi lumpuh dan pernapasan dan detak jantung Anda menjadi tidak diatur. . Fungsi sebenarnya dari tidur REM tidak diketahui, namun hilang dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mempelajari tugas yang kompleks. Tahap ini menyumbang sekitar seperempat waktu tidur Anda juga.

Setiap malam, Anda melewati setiap tahap sekitar empat atau lima kali sesuai urutan T1, T2, T3, N2, REM, lalu ulangi. Tahap REM  adalah tempat impian Anda yang paling hidup dan mengesankan terjadi, dan Anda mengalami keadaan itu selama sekitar 90 menit jadi jika melewati 90 menit itu bukanlah mimpi melaikan hayalan.  
Nah setelah paham akan mimpi sekarang waktunya masuk dalam pembahasan mengenai lucid dream

Lucid dream, di sisi lain, seperti menjelajahi sebuah taman hiburan yang Anda membangun sendiri. Anda tidak hanya bisa pergi kemanapun Anda mau, Anda bisa melakukan apapun yang Anda suka. Ini dunia mu Intinya, mimpi yang benar-benar jernih adalah mimpi yang bisa Anda kendalikan sepenuhnya. Mau terbang seperti superhero? Mungkin saja-saya sudah melakukannya. Ingin menghadapi pengganggu tanpa rasa takut? Mempunyai pasangan hidup padahal sebenarnya kamu jomblo? Nah untuk jomblo Anda pasti bisa. Bayangkan tidur setiap malam dan menjalani fantasi Anda yang paling mewah, lalu terbangun dengan perasaan segar karena itu adalah mimpi yg jernih.
Saat kamu teidihan itu adalah fenomena paling pentung untuk memasuki lucid dream. Nah jika kamu sering ketindihan peluang kamu untuk memasuki lucid dream semakin tinggi.
Pernakah kalian membaca buku Exploring the World of Lucid Dreaming oleh Stephen LaBerge, Ph.D., dan Howard Rheingold
3. Rasakan: Sadarilah apa yang Anda sentuh: tekstur (halus, kasar, kering, lengket, atau basah), berat (berat, ringan, padat, atau kosong), suhu, dan sisanya. Perhatikan juga bagaimana tubuh Anda terasa benar sekarang dan bandingkan dengan banyak cara lain yang dirasakannya di lain waktu, lelah atau energik, kaku atau lentur, menyakitkan atau menyenangkan, dan sebagainya.
4. Rasa: Sadar akan rasanya seperti apa rasanya: rasakan sejumlah makanan dan zat yang berbeda, atau ingat dan bayangkan dengan jelas selera mereka.

5. Bau: Sadarilah apa yang Anda cium: bau tubuh hangat, tanah, dupa, asap, parfum, kopi, bawang merah, alkohol, dan laut. Ingat dan bayangkan sebanyak mungkin yang Anda bisa.
6. Pernapasan: Menghadapi pernapasan Anda. Beberapa saat yang lalu Anda mungkin tidak sadar akan pernapasan Anda meskipun Anda telah menghirup dan menghembuskan napas lima puluh kali saat melakukan latihan ini. Tahan napas Anda selama beberapa detik. Biarkan keluar. Sekarang ambil nafas dalam-dalam. Perhatikan bahwa sadar akan pernapasan Anda memungkinkan Anda mengubahnya dengan sengaja.
7. Emosi: Sadar akan perasaan Anda. Ingat perbedaan antara kemarahan dan kegembiraan, ketenangan dan kegembiraan, dan emosi lainnya yang Anda rasakan. Bagaimana perasaan sebenarnya perasaan?
8. Pikiran: Sadar akan pikiran Anda. Apa yang telah Anda pikirkan saat melakukan latihan ini? Apa yang kamu pikirkan sekarang Betapa nyata pikiran yang tampak?

No comments:

Post a Comment